Internet of Thing

Internet of things

Banyak yang memprediksi bahwa pengaruh Internet Of Things adalah “The next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Contoh sederhana manfaat dan implementasi dari Internet of Thing misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi.

Dari contoh tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa IoT merupakan sebuah implementasi teknologi dimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan internet begitu pesat, bisa dilihat dari pola serta gaya hidup manusia yang tidak bisa luput dari internet. Baik itu sekedar cek sosial media, maupun untuk belanja online, bahkan sebagian menggunakannya untuk mencari penghasilan melalui internet.

Bagi pengembang, kini banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk mengembangkan produk berbasi IoT. Salah satu yang menyediakan program ini adlaah Intel dengan IoT Developer Program mereka.

Karakteristik dan Trends

  1. Kecerdasan

    Kecerdasan intelejensi dan kontrol automatisasi di saat ini merupakan bagian dari konsep asli Internet of Thing. Namun, perlu dilakukan riset yang lebih mendalam lagi di dalam penelitian konsep Internet of Thing dan kontrol automatisasi agar pada masa depan IoT akan menjadi jaringan yang terbuka dan semua perintah dilakukan secara auto – terorganisir atau cerdas (web, komponen SOA), obyek virtual (avatar) dan dapat dioperasikan dengan mudah, bertindak secara independen sesuai dengan konteks, situasi atau lingkungan yang dihadapi.

  2. Arsitektur

    Arsitektur IoT terdiri atas beberapa jaringan dan sistem yagn kompleks serta sekuriti yang sangat ketat, jika ketig unsur tersebut dapat dicapai, maka kontrol automatisasi di dalam IoT dapat berjalan dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga mendapatkan profit yang banyak bagi suatu perusahaan, namun dalam membangun ketiga arsitektur itu banyak sekali perusahaan pengembagn IoT yang gagal, karena dlaam membangun arsitektur itu membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit.

  3. Faktor ukuran, waktu dan ruang

    Didalam membangun IoT para engineer harus memperhatikan ketiga aspek yaitu : Ukuran, ruang dan waktu. Dalam melakukan IoT faktor waktu biasanya menjaid kendala. Biasanya dibutuhkan waktu yang lama karena menyusun sebuah jaringan kompleks di dalam IoT tidaklah mudah dan tidak dapat dilakukan sembarang orang.

Ada Pembagian Internet of Thing yang dikemukakan oleh Beecham Research’s dengan sektor yang sangat luas yang dibagi menjadi 9 bagian.

Internet of Thing sector

  1. Sektor pembangunan

    Sektor ini diatur dalam komersial/kelembagaan, meliputi toko-toko dan supermarket, gedung perkantoran dan departemen pemerintah,d an segmen industri, meliputi bangunan pabrik, dan perumahan. Perangkat yang kemudian dapat dihubungkan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna termasuk HVAC, kontrol akses, manajemen pencahayaan, sensor kebakaran, sistem keamanan dan lain-lain yang berada di gedung-gedung dan fasilitas di kedua segmen. Layanan ini dibangun untuk mengotomatiasasi dan bereaksi terhadap kondisi lingkungan.

  2. Sektor energi

    Sektor energi diatur menjadi tiga segmen pasar :

    • Pasokan/permintaan, yang meliputi pembangkit listrik, transmisi/distribusi, kualitas daya dan manajemen energi. Meliputi pembangkit listrik dari sumber-sumber tradisional – bahan bakar fosil, hidro dan nuklir.

    • Alternatif, meliputi sumber baru termasuk sumber energi terbarukan seperti cahaya, angin, pasang serta elektrokimia.

    • Minyak/gas, yang terdiri dari aplikasi dan perangkat yang digunakan untuk mengekstrak dan mengangkut komoditas ini. Meliputi rig, derek, kepala sumur, pompa dan pipa.

  3. Sektor rumah tangga

    Sektor rumah tangga saat ini beragam dan cepat berubah, disusun dalam tiga segmen pasar :

    • Infrastruktur, meliputi kabel, akses jaringan dan manajemen energi rumah.

    • Kesadaran/keamanan, meliputi keamanan dan alarm kebakaran rumah, pemantauan lansia (tidak klinis) dan anak-anak.

    • Kenyamanan/hiburan, meliputi pengendalian iklim, manajemen pencahayaan, peralatan dan hiburan.

  4. Sektor kesehatan

    Sektor kesehatan meliputi telemedicine, rumah jompo, dan perawatan kesehatan di rumah termasuk pemantauan jarak jauh. Misalnya alat pacu jantung yang ditanamkan untuk orang tua (klinis). Aplikasi ini memberdayakan pasien dan dokter sama untuk melalukan penelitian yang lebih baik dan pilihan pengobatan. Sektor ini kemudian juga melacak peralatan Lab seperti sentrifus, inkubator, freezer dan peralatan tes darah. Ini mencakup segmen berikut :

    • Perawatan meliputi Rumah sakit, ER, Ponsel POC, klinik, dll.

    • Dalam vivo (hidup)/ rumah meliputi implan (pacu jantung, dll), Sistem pemantauan rumah.

    • Penelitian yang meliputi Penemuan Obat, Diagnostik dan peralatan Lab.

  5. Sektor industri

    Sektor industri mencakup pemantauan dan pelacakan aset, yang melibatkan pemantauan diskrit aset atau perangkat untuk memastikan kinerja uptime, kontrol versi dan analisis lokasi untuk berbagai proses industri pabrik. Proses ini tersegmentasi sebagai berikut :

    • Cairan

    • Konversi/diskrit meliputi tank, fabrikasi, perakitan / kemasan.

    • Distribusi meliputi infrastruktur / rantai persediaan.

    • Sumber otomasi meliputi pertanian, irigasi, pertambangan, gudang, pabrik / tanaman.

  6. Sektor transportasi

    Sektor transportasi dibagi menjadi tiga segmen utama :

    • Kendaraan. Ini termasik kendaraan telematika, pelacakan dan komunikasi dengan mobil, truk dan trailer. Kendaraan telematika kemudian memungkinkan layanan seperti navigasi, diagnostik kendaraan, dan pencarian kendaraan yang dicuri. Daerah yang berhubungan dengan kendaraan lainnya termasuk off-highway (misalnya konstruksi, pertanian).

    • Non-kendaraan. Transportasi non-kendaraan termasuk pesawat, kereta api, kapal/perahu dan kontainer.

    • Sistem transportasi. Transportasi sistem mencakup layanan informasi untuk penumpang, skema pembayaran jalan, skema parkir, terutama di kota-kota.

  7. Sektor perdagangan

    Sektor perdagangan yang meliputi sistem jaringan dan perangkat yang memungkinkan pengecer untuk memiliki peningkatan visibilitas rantai pasokan, konsumen dan mengumpulkan informasi produk, meningkatkan kontrol persediaan, mengurangi koknsumsi energi, dan penelusuran aset dan keamanan. Ini termasuk angka penjualan peralatan, Mesin penjual (Makanan/minuman, produk bernilai tinggi seperti CD), alat pembayaran parkir, peralatan (pompa bensin, pencuci/pengering, pendingin, pembersih mobil) layanan, hiburan (mesin game, sistem suara) dan signage / tampilan (billboard, display) serta sistem RFID (penandaan barang), dll. Sektor ini dibagi menjadi tiga segmen utama :

    • Toko, meliputi supermarket, pusat perbelanjaan, serta situs toko tunggal dan pusat distribusi.

    • Perhotelan meliputi hotel, restoran, bar, kafe dan klub.

    • Khusus meliputi SPBU, game, bowling, bioskop, konser, balap, dan pameran.

  8. Sektor keamanan

    Sektor keamanan publik sangat luas dan dibagi menjadi lima segmen :

    • Layanan darurat, meliputi polisi, pemadam kebakaran, jasa ambulans serta kerusakan mobil dan layanan pengaturan. Ini termasuk unit gawat darurat.

    • Infrastruktur publik, meliputi pemantauan lingkungan termasuk dataran banjir, instalasi pengolahan air. Hal ini berkaitan dengan iklim dan meteorologi.

    • Pelacakan meliputi manusia (pekerja mandiri, paroless, dll), hewan, pengiriman dan pos, kemasan dan pelacakan bagasi.

    • Peralatan meliputi senjata militer, kendaraan militer, kapal, pesawat dan peralatan lainnya.

    • Pengawasan, meliputi pengawasan tetap (CCTV, kamera kecepatan) serta kemanan militer dan radar/satelit.

  9. Sektor teknologi dan jaringan

    Sektor ini dibagi menjadi dua segmen utama :

    • Jaringan perusahaan, meliputi peralatan kantor seperti mesin fotokopi, printer, mesin cap serta pemantauan jarah jauh, IT/komponen pusat data dan komponen jaringan pribadi.

    • Jaringan publik ermasuk infrastruktur pembawa seperti menara selular, pusat data publik, sistem pasokan listrik dan penyejuk ruangan. Kategori ini berbeda dari manajemen fasilitas di sektor pembangunan.

Itulah tadi beberapa sektor yang bisa diterapkan teknologi IoT didalamnya, beberapa sektor sudah ada yang mulai untuk mengimplementasikannya, bahkan salah satu cafe kopi terkenal “Starbucks” dalam beberapa tahun ke depan, dilaporkan berencana menghubungkan kulkas dan mesin kopi milik mereka dengan teknologi IoT. Sehingga mereka bisa meningkatkan pelayanan serta mengetahui apa saja yang lebih disukai oleh konsumen, meramalkan kebutuhan stok barang, dan masih banyak lainnya dan pada akhirnya efisiensi dan keuntungan akan meningkat.

Segera konsultasikan optimasi apa yang terbaik untuk perusahaan anda!

GRATIS ! Manfaatkan untuk berdikusi tentang apapun yang ingin anda ketahui seputar optimasi bisnis seperti digital marketing , efisiensi management operational menggunakan software , growth hack techniques , branding , peluang digital startup , tawaran kerjasama dll.