Tentang Sistem Furindo

SNR Export Furindo adalah perusahaan yang bergerak dibidang export furniture yang memiliki berbagai macam divisi untuk mengolah bahan mentah jadi produk, sehingga tidak hanya membutuhkan kerapian dan kelengkapan pencatatan dari setiap proses bisnis namun kemudahan dalam pencatatan, meminimalisir human error, kecepatan dan real-time data antar divisi, merampingkan alur bisnis yang bisa di cover oleh sistem manufacturing, menghemat sumber daya, serta meningkatkan kinerja karyawan dan memberi pelayanan yang lebih profesional untuk meningkatkan brand awareness perusahaan. Oleh karena itu SNR Export Furindo membuat sistem ERP untuk menjawab tantangan di atas sekaligus menjawab ketatnya persaingan industri secara global. Pembuatan Sistem informasi ERP untuk SNR EXPORT FURINDO ini bertujuan untuk mempermudah proses bisnis perusahaan.


Analisa Pembuatan Sistem informasi ERP untuk SNR EXPORT Furindo

Proses bisnis

Proses Bisnis

Gambar disamping menjelaskan sekilas mengenai proses bisnis yang terjadi didalam perusahaan. Dari alur singkat tersebut maka akan ditentukan beberapa fitur utama yang akan dibuat menggunakan sistem informasi ini.

  • Tujuan melihat flow tersebut adalah agar tidak terjadinya kesalahan alur dalam membuat program.

  • Alur tersebut didiskusikan dengan perusahaan sehingga tidak ada kesalahpahaman antara programmer dengan perusahaan.

  • Konsep dari perusahaan sebisa mungkin harus sama dengan programmer sehingga aplikasi nantinya akan menjadi aplikasi yang tepat guna dan tidak sia-sia.

Jika dilihat dari flow tersebut bisa dilihat bahwa tujuan utama adalah laporan “Cash Received” dan “Cash Disbursement”. Dua hal ini menjadi fokus utama agar aplikasi bisa dengan mudah menampilkan laporan kedua objek tersebut.


Skema Aplikasi

Setelah melihat dari Proses yang terjadi, maka dibuatlah skema aplikasi, skema ini bertujuan untuk lebih memperlihatkan secara sekilar alur aplikasi yang dibuat. Skema ini dibuat semudah mungkin tetapi tetap harus sesuai dengan proses bisnis yang ada. Tujuan dibuatnya skema ini adalah memudahkan pembuatan program nantinya, sehingga ketika seorang programmer bingung terhadap alur, skema ini bisa dijadikan acuan untuk membuat program.

Skema aplikasi furindo


Tagihan bahan

Tagihan bahan (Materials)

Ketika memesan sebuah barang tentunya daftar lengkap serta harga dari barang yang dipesan tentunya sangat penting untuk ditampilkan dalam sebuah aplikasi. Dibuatnya fitur “Bill of Materials” ini menunjukkan kelengkapan dari apa saja yang telah dimasukkan untuk membuat sebuah produk, kali ini yang ingin dibuat adalah “Udine Chair” dengan optimasi belanja yang sudah ditentukan maka akan diberikan daftar barang apa saja yang perlu dibeli untuk membuat produk tersebut. Fitur ini sangat berguna bagi laporan belanja. Dan Bill ini tersimpan dan bisa diakses kapan pun user membutuhkannya.


Perkiraan biaya produksi

Ketika akan memproduksi sebuah produk, tentunya ingin menentukan berapa biaya yang diperlukan untuk produksi. Ini mencegah adanya kesalahan perhitungan maupun adanya praktik kecurangan yang dilakukan oleh seseorang. Setiap detail dari perkiraan tersebut tersimpan didalam database dan bisa diakses kapan pun user membutuhkannya.

Perkiraan biaya produksi


Monitoring

Monitoring

Fitur monitor merupakan sebuah fitur seperti laporan apa saja yang terjadi didalam aplikasi. Laporan ini berbagai macam bentuknya, ada yang berupa table, maupun diagram tertentu untuk menunjukkan suatu data tentang sebuah objek. Bukan hanya barang, melainkan adanya laporan mengenai proses transaksi yang terjadi juga bisa dilaporkan. Dan tentunya laporan tersebut bisa diexport menjadi beberapa bentuk file sesuai keinginan user.



Fitur Aplikasi Furindo

Fitur merupakan kemampuan dari sistem yang dibangun dari aplikasi ini. Furindo memiliki beberapa fitur berikut :

Assets Management

Manajemen Master data

Point of Sales

Data Order dari pelanggan

Material Resource Planing

Anggaran sales order

Production Planing & Inventory Control

Penyesuaian kebutuhan sales order dan persediaan

Purchasing

Pembelian bahan-bahan material

Production

Produksi dari pengerjaan masing-masing material sampai packing

Shipment

Penjualan

Accounting & Finance

Akuntansi dan Keuangan

Reporting

Pelaporan dari keseluruhan divisi

Tim & Waktu Pengerjaan

Lama pengerjaan sistem ini di bagi dua yaitu development / pembuatan sistem selama 8 bulan, hal ini terdengar cukup lama karena sering kali tim kami dan pihak SNR Furindo menemuka fitur-fitur tambahan di tengah pengerjaan sistem. Kedua pendampingan pemakaian aplikasi selama 6 bulan, hal ini cukup lama karena masing-masing divisi butuh waktu untuk membiasakan diri menggunakan sistem dan banyak nya pengguna juga yang mempengaruhi lamanya pendampingan.. Sistem ini di bangun secara tim yang terdiri dari :


Konsultan Manufacturing dan Keuangan,

Bagian ini yang menganalisa keseluruhan proses bisnis agar bisa di tangani oleh sistem dengan standar sistem manufacturing yang banyak di terapkan oleh perusahaan nasional dan internasional. Tim ini sudah berpengalaman di berbagai perusahaan swasta maupun BUMN.


Analis Sistem

Hasil dari analisa Konsultan kemudian di analisa dan di rancang ke dalam konsep pembuatan aplikasi, sehingga bagian ini yang akan menentukan lama dan banyaknya anggota tim yang akan mengerjakan. Bidang ini ini diisi oleh orang yang sudah puluhan tahun menekuni dibidang IT baik sistem industri, rumah sakit, akademik, e-commerce dll.


Perancang Aplikasi

Agar sistem bisa di gunakan di platform yang diinginkan yaitu desktop maka bagian ini akan merancang tampilan yang serasi dan sesuai dengan kebiasaan pengguna di masing-masing divisi di SNR Furindo.


Engineer

Bagian ini yang mengeksekusi semua konsep dan rancangan sistem yang sudah di buat oleh Analis Sistem menjadi aplikasi. Anggota tim ini memiliki pengalaman membuat aplikasi baik yang digunakan lingkup nasional maupun internasional.


Person in Charge (PIC)

Setelah sistem selesai di bangun maka langkah berikutnya yaitu demo aplikasi serta pendampingan ke setiap divisi tata cara penggunaan sistemnya.


Manfaat

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi sistem informasi ini begitu banyak, sehingga perlu kami rangkum, setidaknya ada 9 hal keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan sistem informasi ini. Yaitu :

  • Meminimalisir human error

    Mencegah terjadinya duplikasi data serta kesalahan dalam input data. Terkadang kesalahan terjadi bukan karena data yang ada, melainkan adanya kesalahan yang dilakukan oleh seseorang. Dengan adanya validasi setiap data yang dimasukkan menjadikannya lebih efektif serta menjamin data yang dimasukkan sesuai dengan data yang sebenarnya.

  • Data Terpusat

    Data tersimpan pada satu tempat, bertujuan untuk meminimalisir data yang tersimpan di berbagai perangkat sehingga sering terjadi tidak ditemukannya data, ataupun kesalahan data, serta merapikan format data masing-masing divisi. Optimasi dan efisiensi anggaran dana yang di perlukan untuk perawatan sistem.

  • Manajemen Perusahaan Lebih Tersistematis

    Memudahkan proses manajemen perusahaan sehingga menjadi lebih powerful. Dengan adanya sistem informasi ini menjadikan masing-masing divisi bekerja sesuai prosedur perusahaan yang telah ditentukan, ini bertujuan agar tidak ada kebingungan dalam menjalankan pekerjaan maupun kesalahan melakukan suatu pekerjaan.

  • Meningkatkan kinerja perusahaan

    Memudahkan karyawan dalam input dan pengolahan data operasional perusahaan. Dapat juga mempersingkat alur bisnis perusahaan dengan mengontrol melalui perangkat lunak masing-masing sehingga tidak harus mengecek manual ke semua divisi.

  • Real-time update data

    Real-time SIM Manufacturing update data keuangan, inventory, serta pelayanan secara real time. Selain itu laporan/report keuangan, data per unit/bidang dapat disusun berdasarkan kelompok pelanggan serta dapat diterbitkan secara real-time setiap saat. Para pemegang keputusan / manajemen dapat melakukan pengawasan secara real-time pada setiap aktivitas di komputer pengguna, monitoring status, pendapatan yang telah dicapai laba/rugi, serta laporan dan dokumen lainnya yang telah termasuk dalam Sistem Informasi Manajemen Manufacturing.
    Memudahkan antar divisi untuk mengkolaborasi data untuk memutuskan Purchasing, Production, Shipment sampai Keuangan.

  • Laporan Lengkap dan Mudah

    Memudahkan masing-masing divisi untuk membuat laporan secara rinci sesuai format perusahaan dengan 1-click. Laporan Keuangan mencantumkan data riwayat piutang secara lengkap dan rinci, pencatatan akunting dilakukan dengan jurnal tanpa re-entry untuk seluruh komponen data yang pernah ada. Jurnal untuk kepentingan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya dilakukan sekaligus secara bersamaan, Akuntansi biaya telah mendukung kebijakan tarif yang dapat menghasilkan laporan periodik tanpa re-entry. Seluruh data yang diperlukan dapat dikonversikan menjadi file-file dalam format Microsoft Office dan PDF untuk keperluan analisis

  • Hak Akses User terkontrol

    Hierarki, Pengaturan hak akses berjenjang, berdasarkan ketentuan manajemen dan klasifikasi jenjang jabatan. Multi User dan Multi group. Data lebih terproteksi untuk diketahui pihak lain baik internal maupun eksternal sesuai kebijakan perusahaan, seprti harga jual, harga produksi, biaya operasional dll.

  • Back-up dan Recovery Data mudah dan berkala

    Sistem Back Up + Disaster Recovery, mampu melakukan back up data secara otomatis ke cloud server ataupun media lainnya secara real time, berkala, ataupun periodik sehingga meminimalisir terjadinya data hilang (lost data).

  • Meningkatkan Pelayanan lebih Profesional

    Meningkatkan pelayananan yang prima dan nilai jual dengan standar pelayananan yang lebih professional. Meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga brand awareness dan customer loyality akan meningkat.

TESTIMONI dari SNR EXPORT FURINDO

Setelah proses pembuatan aplikasi, lalu masuk pada tahap implementasi dari aplikasi yang dibuat. Dilakukanlah pelatihan kepada beberapa calon admin dari aplikasi untuk mendapatkan komentar serta saran tentang penggunaan aplikasi.

Sejak menggunakan sistem ini saya tidak perlu repot-repot kirim laporan ke bagian Pembelian, hanya klik sudah sampai”, dengan sistem ini saya bisa pulang cepat dan bertemu anak dan istri, yang biasanya kadang lembur sampai malam


Pak Dwi
Manager, SNR EXPORT FURINDO.

Seharusnya aplikasi ini menjadi aplikasi wajib bagi para penggiat usaha di bidang manufacturing, hal ini dikarenakan fungsi aplikasi yang diberikan serta mudahnya dalam menggunakan aplikasi ini. Dari sisi tampilan sudah memberikan citra kemudahan bagi penggunanya.


Ulul Albab
Web Programmer, Erporate.com